Javanese Leadership Untuk Moderator  

Menjadi seorang moderator di Kaskuser itu menurut aku gampang-gampang susah! Gampangnya...tinggal baca n ngawasin postingan temen-temen, kalo ngaco yang diingetin or langsung closed! Susahnya...butuh komitmen dan waktu dalam mengawasi lalu lintas postingan di area yagn diberikan. Dengan demikian secara gampangnya dia menjadi seorang leader di area itu. Trus bagaimana konsep leadership seorang Moderator Kaskuser itu?

Ngomongin Leadership gak bakalan habis sampe busa di mulut 'mumpluk' heheheh Why? Ya konsep di Barat sendiri terus berkembang mulai dari Transformatif, Spritual Based, Michiavelis sampe yang Demokratis. Nah bagaimana versi dalam negeri? Ada banyak versi juga, tetapi karena aku orang Jawa, gak ada salahnya ngeliat dari versi Jawa.

Konsep yang digunakan dikembangkan oleh Ki Hajar Dewantara, yaitu ada 3, terdiri atas:

1. Ing ngarso sung tulodho ( di depan memberi contoh)
Seorang moderator hendaknya mampu memberi tauladan bagi Kaskuser laennya dengan melakukan posting yang berbobot, cerdas dan terkadang memberi solusi jika ada masalah. Jangan sampai seorang moderator itu posting yang ngaco atau yang isinya bisa menurunkan wibawa seorang moderator

2. Ing madya mangun karso ( di tengah membangun/membaur sesama)
Meski punya jabatan moderator dia ikut membaur, misalnya dateng ke gathering, membagikan tips-tips menarik, menghidupkan diskusi apabila mulai tampak sepi.

3. Tut Wuri Handayani (di belakang mendorong agar maju)
Seorang moderator perlu juga lho menyiapkan pengganti/suksesi agar kelangsungan diskusi di areanya tetap ok dan harus dipersiapkan calon itu sejak awal. Misalnya, sang calon harus mampu membuat thread yang segar, hidup dan kalo perlu sedikit kontroversial gak papa. Di sinilah diliat kedewasaan dan cara respon suksesor dalam menanggapi postingan balik itu

Nah dari uraianku di atas, sebenernya Moderator itu memiliki tanggung jawab yang gak ringan...tanpa bayaran lagi!

So, apa penghargaan bagi seorang Moderator agar terus komit menjaga di Kaskus dan menjadi leader yang ok? Kan gak gampang tuh karena tuntutaan di atas? Ikuti postinganku berikutnya!

0 comments: to “ Javanese Leadership Untuk Moderator