Judi ooo Judiiiiiii...  

Kalo denger lagunya Rhoma "Kambing" Irama rasanya gak ada yang ragu seorangpun bahwa dakwah tersebut memang menyoroti masalah JUDI yang merupakan penyakit lama yang sulit sembuh. Kenapa sulit sembuh? Ya karena kalo menang ketagihan untuk nambah, kalo kalah hati panas untuk membalas! Akhirnya menjadi semacam siklus zero-zum game. Gak ada yang menang sesungguhnya!

Aku terus terang agak surprise ngelihat iklan Kaskus yang banyak tentang Judi... ada Bola Tangkas, 7wajik.com, mansion88, 668online.com, 50balls.com, dan starkenoclub.net. Kalo aku hitung dari total iklan 40% nya berbau judi.

Terus terang aku tidak termasuk orang yang anti judi...namanya hidup itu sendiri udah berjudi kan? So judi berjudi bukan hal yang tabu buat aku.

Namun, aku berpikir bahwa saat ini Kaskus memang membutuhkan biaya operasional yang cukup besar sehingga dalam pasang iklan mungkin gak perlu memilah apakah ini iklan 'penyakit masyarakat' atau bukan. As long as cashflow oke ya jalan.

Kalo mau ditelaah lebih lanjut sebenernya ini boleh-boleh aja sejauh pengelola kaskus aware akan risiko sweeping dari petugas keamanan karena dianggap membantu perjudian. tapi apabila ntar kena sweeping dan tidak boleh beroperasi, wahhhh...kaskuser semua akan mrongosssss..gak bisa ngejunk heheheh.

Menurut aku, ada baiknya mulai meninjau kebijakan internal tentang iklan ini daripada ntar bermasalah dengan hukum, karena dampaknya sangat cepat dan memberikan image kurang baik.

Trus gimana dengan sumber pendanaan yang ilang karena iklan judi diilangin? Ya harus kreatif menggali sumber pendanaan. Misalnya, untuk posting thread FJB dikenakan biaya Rp 1000 perak via sms, langganan iklan per bulan Rp 10.000 via sms. Cukup mudah dan untuk pemasang iklan aku pikir gak masalah karena keuntungan jauh di atas biaya iklan FJB.

1 comments: to “ Judi ooo Judiiiiiii...