Kaskus Bikin Dunia Rata  

"Kaskus bikinn Dunia Rata?"

Gimana maksudnya neh? Bukankah bumi ini bulat? Bukankah bumi itu rata adalah keyakinan yang salah beberapa abad silam?Atau Dekobokan sedang bermimppi di siang bolong? Atau mabuk?

Ternyata yang aku maksud tuh bukan itu Bro n Sis, karena Dunia Rata itu sebenernya sebuah buku berjudul The World is Flat tulisan Thomas Friedman. Dalam buku itu disampaikan bahwa ke depan dunia ini akan menjadi rata karena arus informasi akan mengalir secara bersamaan, semua orang berbicara lebih banyak tentang dirinya sendiri dan perlunya perhatian dari aorang lain. Friendster, Flickr atau Youtube salah satu perwujudan dari "dunia rata" tersebut.

Nah, bagaimana dengan Kaskus? Aku pikir Kaskus juga membuat "dunia rata" dengan sangat intens karena seluruh kaskuser bergerak dalam kecepatan yang relatif sama. Sebagai contoh ketika Dekobokan posting "Kapan Regional Yogya mengungguli Regional Surabaya?", maka dalam waktu kurang dari 1 bulan frekuensi posting di RY meningkat dengan signifikan. Dari selisih 6000an posting menjadi unggul 400 posting pada 26 November 2007! Member RY bergerak posting dalam kecepatan yang sama dengan tujuan tunggal.

Contoh laen adalah mengenai FJB yang secara intensif trus memberikan peluang usaha bagi members. Gak salah kalo semua member dari Sabang sampai Merauke atau dari Cina sampai Amerika memiliki kesempatan yang sama untuk berjualan di Kaskus dan memperoleh respon seketika. Dunia Rata!

So, dengan kondisi "dunia rata" seperti ini, apa ini bermanfaat bagi Kaskuser semua? Belum tentu...karena tergantung seberapa jeli member memanfaatkan kerataan ini dan mengambil keuntungan secara wajar.

4 comments: to “ Kaskus Bikin Dunia Rata