Sapa yang bakal mengungguli Kaskus - Part 1  



Saat ini kalo bisa dibilang sih Kaskus merupakan situs komunitas di Indonesia terbesar alias member udah 370 ribuan! Very big guys n bravo for us! Trus apa bener cuma ada Kaskus doang di jagad internet yang berbahasa Indon ini?


Aku nyobain jalan-jalan ngiterin net sambil ngajak Pakde Gugel yang emang alumnus guide bule di Malioboro heheheheh. Ketemu deh beberapa tempat persinggahan situs yang memang sebagai forum.

Beberapa aku sempat terkejut bahwa ternyata beberapa situs forum laennya rame banget meski konsepnya niru Kaskus abis (Kikil.com) atau yang emang orisinil fokus pada segmen tertentu (Chip, Kotakbuku).

Dari sekian banyak forum itu ada satu yang menarik perhatianku...yup tepat banget tebakan lo smua. Detikforum.com! Situs ini meski baru berusia 'jagung' (tanpa bakar) alias 2 bulanan tapi member udah mencapai 13.000 an dan posting 152.000an. Lumayan cepet untuk sebuah forum baru mengingat salah satu klonenganku hihiihihih no 2000 sekian karena daftar pada tahun 2001 (6 month later). Lah ini 2 bulan udah 13 rebuuuuu...

Seandainya pertumbuhan member Detikforum stabil di angka 5 ribu per bulan maka dalam 7 tahun member akan sekitar 420.000 ....(5.000 x 12 x 7). Ini berarti lebih besar daripada Kaskus tercinta!

Trus kenapa kalo bisa ngunggulin Kaskus? Menurut gua bakalan ada pengaruhnya as below:
1. member sebagian akan migrasi untuk ngejar posting awal-awal biar ngetop!
2. pemasang iklan mulai ngelirik sono sebagai alternatif promosi
3. kaskus donatur akan menurun

Tapi apa bener trus Kaskus bakalan kalah ama Detikforum? Ikutin tulisan analisaku berikutnya ya hihihiihi

0 comments: to “ Sapa yang bakal mengungguli Kaskus - Part 1